Upaya mencegah kebakaran hutan dan lahan di Provinsi Riau, Pemprov Riau melalui Dinas PUPR telah mendistribusikan 12 alat berat.

PEKANBARU (perepat.com)-Sebagai solusi agar masyarakat tidak membuka lahan dengan cara membakar, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Riau telah mendistribusikan alat berat ekskavator sebanyak 12 unit ke enam UPT Dinas PUPR Riau. Dengan alat berat itu, masyarakat dapat membuka lahan tanpa bakar.
 
“Kami sudah menempatkan 12 unit ekskavator atau alat berat di enam UPT Dinas PUPR Riau. Dimana masing-masing UPT ditempatkan dua ekskavator,” kata Kepala Dinas PUPR Provinsi Riau, M Taufik OH.
 
Adapun enam UPT Dinas PUPR ini, yaitu UPT 1 melayani Pekanbaru, Siak, Pelalawan; UPT 2 melayani Dumai dan Rohil, UPT 3 melayani Bengkalis dan Kepulauan Meranti; UPT 4 melayani Indragiri Hulu (Inhu) dan Indragiri Hilir (Inhil), UPT 5 melayani Kampar dan Kuantan Singingi (Kuansing) serta UPT 6 melayani Rokan Hulu.
 
“Ekskavator itu sudah kita tempatkan untuk ikut penanggulangan kebakaran hutan dan lahan dan membantu masyarakat yang tidak mampu untuk buka lahan untuk dia berkebun. Sehingga mereka tetap diberikan edukasi tidak perlu membakar lagi untuk membuka lahan untuk berkebun dan dapat dimanfaatkan eskavator yang ada di masing masing UPT,” jelas Taufik.
 
Mekanisme pemakaian alat beratnya sendiri, nantinya pihak UPT Dinas PUPR Riau yang akan mengatur. “Bagi kelompok tani atau masyarakat bisa memanfaatkan alat berat tersebut, baik melalui proposal maupun kelompok tani maupun atas arahan pak camat ke UPT terkait,” tuturnya.(dan)

Leave a Reply