Salah satu wisatawan mancanegara (wisman) tengah menikmati festival perang air di Selatpanjang, Meranti, Riau.

PEKANBARU (perepat.com)-Imbas pandemi Covid-19 yang masih melanda belahan dunia, membuat sektor pariwisata mengalami kendala besar. Di Provinsi Riau sendiri, sektor pariwisata di masih menghadapi tekanan yang berat.
Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Riau, jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Riau pada Januari 2021 hanya satu orang.

“Pada bulan Januari 2021, hanya ada satu wisman yang datang ke Riau, yaitu melalui Bandara SSK II. Tiga pintu masuk lainnya tidak ada,” kata Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Riau, Drs Misfaruddin MSi, Senin (1/3).

Diakui Misfaruddin, kondisi ini merupakan imbas dari belum berakhirnya pandemi Covid-19 yang melanda dunia, termasuk Indonesia. Pandemi ini masih menjadi faktor utama yang sangat mempengaruhi kunjungan wisman ke Indonesia dan khususnya ke Provinsi Riau.

“Pada bulan sebelumnya, tidak ada kunjungan wisman yang datang ke Riau. Sehingga jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya, terjadi kenaikan 100 persen pada bulan Januari 2021,” jelasnya.

Namun, jika dilihat pada periode yang sama pada tahun 2020, dimana kondisi masih normal atau tidak ada pandemi Covid-19, jumlah wisman yang datang mencapai 5.256 kunjungan.(sars/pc)

Sumber: goriau.com

Leave a Reply